menu melayang

Kamis, 01 September 2022

Begini Tanda Listrik Pulsa Habis yang Wajib Dipahami

Pernahkah Anda kebingungan mengetahui tanda listrik pulsa habis? Tentu hal itu sangat meresahkan dan membuat kita khawatir tentang pulsa listrik yang kita miliki. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui hal ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ke depannya.


Bagi Anda yang menggunakan listrik pulsa tentu kehabisan pulsa ketika tengah menggunakan alat elektrik akan sangat meresahkan. Bahkan, Anda yang menggunakan komputer kemudian tiba-tiba listrik mati tentu akan membuat komputer tersebut cepat rusak.


Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tanda listrik pulsa habis. Dengan begitu, Anda bisa langsung mempersiapkan diri untuk segera mengisi listrik pulsa. Maka, Anda pun bisa menggunakan listrik dengan leluasa tanpa khawatir mati di tengah-tengah penggunaan.


Tanda Listrik Pulsa Habis - Raja Pulsa Indonesia

Tanda Listrik Pulsa Habis


Terdapat beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui tanda listrik pulsa sudah habis. Cara itu pun bisa Anda lakukan secara online sehingga Anda tidak harus lelah pergi ke tempat yang jauh. Anda bisa langsung simak cara yang ada di bawah ini.


1. Lewat Situs Resmi PLN


Untuk bisa menggunakan cara ini sebagai langkah mengetahui tanda listrik pulsa habis, Anda wajib memiliki koneksi internet yang memadai. Setelah itu, Anda bisa mengunjungi situs resmi PLN dan langsung mendaftar akun dengan memasukkan semua data diri Anda dengan benar dan lengkap.


Jika proses pendaftaran Anda sudah terverifikasi, Anda bisa langsung melakukan login memakai email dan password yang sudah dibuat. Ketika setelah masuk atau login, Anda bisa memeriksa tanda listrik pulsa sudah habis atau belum. 


Bahkan, Anda pun bisa melihat informasi lain tentang token listrik rumah. Untuk bisa mengetahui tanda listrik pulsa habis atau belum bisa langsung masuk ke informasi tagihan dan Token Listrik setelah itu akan ditampilkan detailnya.


2. Lewat Aplikasi PLN Mobile


Langkah ini mengharuskan Anda untuk mengunduh dan menginstal aplikasi PLN Mobile melalui Google Play Store maupun App Store. Ketika membuka aplikasi tersebut, Anda pun harus melakukan pendaftaran dengan mengisi berbagai data diri dengan lengkap dan valid.


Setelah itu, Anda harus melakukan verifikasi pendaftaran dan langsung login dengan email dan password yang sudah dibuat. Anda pun bisa mendapatkan informasi tentang tanda listrik pulsa Anda sudah habis atau belum.


Akan tetapi, pastikan Anda mengisi ID pelanggan dengan benar. Sebab, ID pelanggan biasanya terdiri dari 11 sampai 12 digit. Kalau ID yang Anda masukkan salah, maka tidak akan ada informasi yang terlihat.


3. Secara Manual


Ketika berbagai cara mencari tahu tanda listrik pulsa habis di atas belum bisa diandalkan, Anda bisa melakukannya dengan cara manual. Meskipun tidak sepraktis dua cara di atas, tetapi langkah yang bisa dilakukan ini sangat minim gangguan seperti dua cara di atas yang kerap terjadi error.


Anda bisa pergi kembali ke tempat Anda membeli listrik pulsa kemudian meminta penjual untuk melacak pengiriman token PLN yang sudah Anda beli. Jangan cemas, sebab setiap penjual pasti memiliki riwayat pembayaran yang tersimpan dari setiap pelanggannya.


Selain itu, Anda pun bisa pergi ke Kantor PLN terdekat dari tempat tinggal Anda. Kemudian, Anda bisa langsung meminta pemeriksaan ulang terhadap 20 digit angka token PLN yang sudah Anda beli. Meskipun cukup ribet, tetapi cara ini sangat efektif untuk mengetahui tanda listrik pulsa habis.


4. Melihat Meteran Listrik


Anda bisa melihat meteran listrik yang terdapat di rumah Anda. Akan tetapi, ternyata setiap meteran listrik memiliki perbedaan merk. Dan, meteran listrik itu berguna untuk mengetahui tanda listrik pulsa sudah habis atau masih tersedia.


Jika Anda memiliki meteran listrik merk CONLOG atau Itron, biasanya Anda bisa langsung melihat informasi yang terpampang di meteran. Sementara untuk merk Hexing, Anda perlu menggunakan kode 801 untuk bisa mengetahui tanda listrik pulsa habis atau masih tersedia.


Kemudian, apabila meteran listrik Anda menggunakan merk Glomet, Anda harus menekan angka 37 kemudian pencet Enter. Sementara untuk merk Star, Anda harus menekan tombol 07 lalu pencet Enter. Nantinya, akan ada informasi tentang sisa listrik pulsa yang Anda miliki.


5. Mendengarkan Bunyi Meteran


Biasanya meteran listrik akan berbunyi dan menampilkan lampu berwarna merah sebagai tanda listrik pulsa hampir habis. Anda harus peka terhadap bunyi tersebut dan langsung segera mengisi pulsa listrik, sehingga listrik bisa tetap Anda gunakan dan tidak mati.


Sebenarnya hal ini sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Akan tetapi, sebagian orang masih belum mengetahui tanda listrik pulsa hampir habis yang satu ini. Terlebih bagi mereka yang baru saja berganti dari listrik pascabayar ke listrik prabayar.


Nah, itu dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui tanda listrik pulsa habis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 


Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel